Thursday, July 1, 2010

Mengutamakan Pemeliharaan Kesehatan, Penyakit Akan Menjauh

Bagaimana cara untuk mencegah penyakit, atau jarang sakit? Yang bisa diandalkan dalam pengobatan tradisional China adalah: Saat tiada penyakit lakukanlah pencegahan, supaya tidak kena penyakit; Saat berpenyakit harus cepat cepat disembuhkan, agar penyakit tidak kambuh selamanya. Inilah yang disebut "lakukan pengobatan sebelum kena penyakit."

Langit telah menetapkan urutan hidup manusia

Metode jitu yang paling bagus agar seseorang jarang sakit atau tidak menderita penyakit, adalah hidup sesuai dengan prinsip yang ditentukan oleh langit. Dalam kitab dikatakan, semua orang harus hidup mengikuti prinsip Yin-Yang “empat musim setahun”, dan Yin-Yang dari waktu yang berbeda “selama satu hari”.

Didalam empat musim, musim semi dan musim panas sebagai Yang, musim gugur dan musim dingin sebagai Yin. Didalam satu hari, siang hari sebagai Yang, malam hari sebagai Yin. Orang dahulu beranggapan, musim semi bersifat hangat, musim panas bersifat panas, musim gugur bersifat kering, musim dingin bersifat dingin, seharusnya memang berupa urutan perubahan semacam ini; musim semi ada angin, musin panas ada unsur api dan panas, musim gugur ada hawa kering, musim dingin ada hawa dingin. Saat musim semi bertiup angin lembut atau angin kecil adalah normal, bila angin besar berarti tidak normal, atau jika musim semi cuaca dingin mencekam berarti juga tidak normal; demikian pula di musim panas cuaca terasa panas, bila terus-terusan bertiupan dengan angin, ini bukan cara untuk mengatasi masalah, menghadap penyejuk ruangan (AC) terus-terusan bertiupan dengan hawa dingin, itu semakin tidak benar.

Dalam kehidupan orang zaman sekarang, musim semi yang hangat masih dapat ditahan, namun sekali merasa cuaca agak panas lalu menghidupkan

AC; dimusim dingin, begitu merasa agak dingin lalu menghidupkan mesin penghangat ruangan; di musim panas begitu merasa agak panas, AC sudah dihidupkan dengan temperatur yang cukup dingin. Keadaan sekarang adalah, “musim semi tidak hangat, musim panas tidak panas, musim gugur tidak kering, musim dingin tidak dingin”. Dalam satu tahun lingkungan cuaca disekeliling sepertinya sangat stabil, sebenarnya, kestabilan semacam ini adalah kestabilan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang dikehendaki penguasa langit.

Mangatur Jadwal kerja dan istirahat sesuai urutan alami

Di musim panas, orang hidup dalam ruang AC yang sangat dingin, orang takkan merasa panas lagi, padahal di lingkungan seperti itu, orang akan mudah kena penyakit.


Demam yang dikenal oleh pengobatan tradisional China, terbagi demam ‘Yang’ dan demam ‘Yin’. Demam ‘Yang’ disebabkan jemuran terik matahari dalam perjalanan yang jauh, juga disebut demam panas dalam. Pada umumnya demam semacam ini,bisa diatasi dengan makan semangka atau minum air dingin.

Demam ‘Yin’ disebabkan kecondongan yang berlebihan terhadap dingin, misalnya berbaring di tempat yang dingin atau diatas batu,mengakibatkan hawa panas tubuh dan keringat tidak bisa keluar. Demam semacam ini, sekarang lebih mudah terjadi; di hari panas yang seharusnya mengeluarkan keringat untuk mendorong hawa panas ke luar tubuh, dikarenakan adanya AC membuat keringat jadi sedikit, hawa panas menumpuk di dalam tubuh hingga mengakibatkan demam ‘Yin’.

Musim dingin cuaca sangat dingin, sistem pengendalian suhu kulit (kira-kira setara dengan pori-pori keringat) secara alami akan bereaksi terhadap suhu dingin, saat mengalami suhu dingin, ia akan secara otomatis menyusut untuk menjaga suhu tubuh. Namun karena kita mendambakan kenikmatan hangat, mengurung diri kita di tempat yang bersuhu hangat tanpa ada ventilasi, ini juga tidak baik terhadap kesehatan tubuh.

Dalam satu hari terdapat jadwal ‘Yin’ dan’Yang’ sendiri, siang sebagai ‘Yang’, orang harus bekerja; malam sebagai ‘Yin’, orang harus tidur. Namun orang zaman sekarang ada sebagian sudah larut malam masih saja internetan, belum istirahat ataupun tidur, sehingga berpengaruh buruk terhadap tubuh. Orang kuno berujar: “matahari terbit bekerja, matahari terbenam istirahat”. Dalam kitab tertulis: di musim semi dan musim panas harus tidur lebih malam dan bangun lebih pagi, di musim gugur harus tidur lebih awal dan bangun lebih pagi, di musim dingin harus tidur lebih awal dan bangun agak siang; mengikuti saat matahari terbit bekerja, saat matahari terbenam istirahat. Demikianlah cara yang sederhana untuk memelihara kesehatan hidup. Sekarang adalah musim panas, dimana waktu kehadiran matahari agak lama, berarti waktu beraktivitas juga agak panjang.

Memperhatikan kebutuhan fisiologis diri sendiri,
Menjaga kesehatan dan mencegah penyakit tidaklah sulit, semata-mata adalah menyesuaikan kebutuhan fisiologis diri sendiri: saat lapar makanlah sesuatu, saat haus minumlah air. Orang sekarang sebagian besar dikarenakan pekerjaan atau sebab lainnya, tiba saatnya harus makan tidak punya waktu untuk makan, tunggu sampai saatnya bisa makan, sekali makan porsinya amat banyak; saat dahaga tidak dapat minum air dengan seketika, sewaktu dapat minum bahkan minumnya seperti sapi yang kehausan. Orang sekarang minum air, kalau bukan minum air dingin pasti ditambahkan banyak potongan es dalam minumannya, minum teh pun dengan tambahan potongan es, padahal semua ini bukanlah cara yang benar memelihara kesehatan hidup.

Jika Anda dapat mengubah keadaan semacam ini, menjalani hidup sesuai perubahan urutan dari pengaturan yang maha kuasa, anda tidak akan mudah jatuh sakit. Sekalipun kena penyakit, juga lebih mudah diobati.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

0 comments:

Post a Comment