Sunday, November 13, 2011

Pneumonia atau Radang Paru-paru

Baru-baru ini tim dari Fakultas Kedokteran UI meneliti penyakit radang paru-paru dan pusat penelitian atau sumber penelitian itu adalah masyarakat Indonesia sendiri.Mereka menyebutkan ada sekitar 4 juta warga Indonesia yang menderita penyakit penumonia per tahun. Dari jumlah itu, terdapat 12 orang dewasa yang menderita penyakit penumonia per 1.000 orang dewasa. Sementara pasien rawat inap mencapai 600.000 per tahun dengan kerugian materil Rp 23 miliar.
Pada dasarnya penyakit ini menyerang bayi dan anak-anak usia balita ,itulah kenapa penyakit ini dikatakan sebagai pembunuh nomor satu bayi dan anak-anak belita.Menurut survey setiap tahunnya sekitar 2 juta dari anak-anak yang meninggal akibat dari penyakit ini.Tapi tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga dapat menyerang orang dewasa,karena beberapa penyebab penyakit ini mungkin lebih banyak dialami oleh orang dewasa.Untuk lebih jelasnya mungkin saya akan membuat penjelasan sedikit tentang apa dan bagaimana penyakit ini dapat menyerang kita.Apakah penyakit ini menular /is pneumonia contagious ?
Radang paru-paru (bahasa Inggris: pneumonia) adalah sebuah penyakit pada paru-paru di mana pulmonary alveolus (alveoli) yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfer meradang dan terisi oleh cairan.
Mungkin banyak dari kita yang tidak terlalu memperhatikan atau belum mengetahui apa-apa saja yang dapat memyebabkan penyakit Radang Paru-paru ini dapat menyerang kita,untuk itu disini saya akan memberitahukan atau menginformasikan sedikit yang saya tahu tentang penyakit ini. Radang paru-paru dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, termasuk infeksi oleh bakteria, virus, jamur, atau pasilan (parasite). Radang paru-paru dapat juga disebabkan oleh kepedihan zat-zat kimia atau cedera jasmani pada paru-paru atau sebagai akibat dari penyakit lainnya, seperti kanker paru-paru atau berlebihan minum alkohol.
Gejala-gejala penyakit ini sangat bervariasi tergantung dari umur dan bakteri atau mikroorganisme yang menyerang orang tersebut.Pada umumnya, diawali dengan panas, batuk, pilek, suara serak, nyeri tenggorokan. Selanjutnya panas makin tinggi, batuk makin hebat, pernapasan cepat (takipnea), tarikan otot rusuk (retraksi), sesak napas dan penderita menjadi kebiruan (sianosis). Adakalanya disertai tanda lain seperti nyeri kepala, nyeri perut dan muntah (pada anak di atas 5 tahun).Pada bayi (usia di bawah 1 tahun) tanda-tanda pnemonia tidak spesifik, tidak selalu ditemukan demam dan batuk.
Mungkin itu sedikit banyak yang saya ketahui tentang penyakit Radang Paru-paru ini,mudah-mudahan informasi dari saya ini dapat menambah sedikit wawasan anda tentang penyakit Radang paru-paru ini.Bila ada ingin penjelasan yang lebih jelas lagi mungkin anda dapat langsung berkonsultasi dengan dokter specialis penyakit ini yang ada di kota anda.

Artikel terkait lainya
Mengutamakan Pemeliharaan Kesehatan, Penyakit Akan Menjauh.
Ingin Hamil Setelah Lepas KB
Tips Sukses Menyusui
Manfaat Buah Semangka
Lima Macam Gejala yang Seharusnya Berobat ke Dokter

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

0 comments:

Post a Comment